POSTING TERPOPULER

Iklan

14 July 2019

Buku Motivasi "Menggali Berlian" Sukses Diluncurkan di Surabaya

Bambang Suharno (tengah) didampingi Rakhmat Nuriyanto serahkan buku ke Don P Utoyo 
Surabaya, Pembicara-seminar.com. Buku terbaru karya Bambang Suharno "Menggali Berlian di Kebun Sendiri" sukses diluncurkan di Surabaya, dalam acara seminar motivasi dan peluncuran buku. Acara yang berlangsung di Grand City Convex Surabaya, Kamis 4 Juli 2019 ini dilaksanakan di tengah-tengah acara pameran internasional peternakan Indolivestock Expo & Forum.  Acara diawali dengan sambutan Direksi PT Gallus Indonesia Utama oleh Drh Rakhmat Nuriyanto dan penyerahan buku secara simbolis dari penulis kepada tokoh peternakan Don P Utoyo sebagai perwakilan pembaca.


Hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh perwakilan asosiasi bidang peternakan antara lain GPPU (Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas), GOPAN (Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nusantara), YAPPI (Yayasan Pengembangan Peternakan Indonesia), FMPI (Federasi Masyarakat Perunggasan Indonesia), ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia),  ADHPI (Asosiasi Dokter Hewan Perunggasan Indonesia), ISPI (Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia), PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia), AINI (Asosiasi Ilmu Nutrisi Indonesia), perwakilan perusahaan serta para pembaca setia karya Bambang Suharno dari berbagai kalangan


Dalam paparannya, Bambang Suharno menyampaikan bahwa di ruangan seminar ini sudah ada beberapa orang yang berhasil menggali berliannya masing masing. Antara lain Samsul Peternak Itik sukses terus menekuni usahanya yang tentunya melalui proses jatuh bangun, namun akhirnya bisa terus berkembang. Juga ada Don P Utoyo yang cemerlang di karir pemerintahan dan main bersinar justru ketika memasuki usia pensiun 

Bambang juga menjelaskan kisah petani Afrika yang menjual tanah pertaniannya untuk modal mencari tambang berlian di benua Afrika. Karena pengetahuan tentang tambang yang sangat terbatas, ia gagal mendapatkan tambang berlian, bahkan hingga bekalnya habis. Ia frustasi dan menceburkan diri ke sungai. Sementara itu orang yang membeli tanah petani itu justru tanpa sengaja mendapatkan berlian di lahan yang dibelinya dari petani dengan harga murah.  Lahan itu berlokasi di Kimberley Afrika dan tambah berlian yang ditemukan itu menjadi tambang berlian terbesar di dunia dengan nama Kimberley Mine.

Pelajaran dari kisah petani ini sangat penting untuk kita semua. "Kita perlu mendalami dengan tekun dan ikhlas pekerjaan yang tengah kita hadapi, hingga menghasilkan karya sekelas "berlian". Jangan buru buru memutuskan beralih profesi atau bisnis kalau kita sendiri belum menekuni hingga menemukan berlian," kata Bambang.

Menurutnya, belian yang ada di kita ada dua . Pertama pekerjaan atau bisnis yang belum diketekuni secara serius dan yang kedua, bakat yang belum dioptimalkan.  Cobalah kita pikirkan, betapa banyak orang habis waktunya untuk mencoba karir dan bisnis, hingga akhirnya kembali ke pekerjaan awal. "Mari kita tidak membuang buang waktu untuk menggali berlian di kebun sendiri. Jika anda peternak ayam, cobalah tekuni dengan berbagai inovasi hingga menemukan hasil seperti berlian," ujarnya

Untuk menggali mengoptimalkan kita dalam berkarya, Bambang juga menjelaskan metode praktis untuk memahami pola pikir sendiri dan orang lain dengan metode emergenetic (emergenetics.com). Dengan cara ini kita dapat lebih mudah memahami potensi diri dan dapat mengembangkannya dengan baik.

Tanggapan Tokoh Masyarakat

sebagian peserta
Dalam forum ini Ketua Federasi Masyarakat Perunggasan Indonesia (FMPI) Don P Utoyo mengapresiasi terbitnya buku Menggali Berlian Di kebun Sendiri karya Bambang Suharno. "Buku ini sangat penting untuk kita semua agar kita dapat berkarya dengan tekun dan ikhlas, berpikiran positif sehingga menghasilkan karya terbaik dan badan sehat", ujar Don, sebagaimana ditulis majalahinfovet.com. Don saat ini usianya 76 tahun dan masih aktif di berbagai kegiatan asosiasi .

Dalam sesi tanya jawab Don menyampaikan sekilas perjalanan karirnya di Ditjen Peternakan yang sempat berkarya di beberapa provinsi hingga dipercaya menduduki jabatan eselon 2 yang beragam. .

"Saya di Ditjen Peternakan sudah pernah jadi Sekdit, Direktur Produksi, Direktur Bibit dan lain lain yang semuanya di eselon 2," ujarnya. Yang tak kalah pentingnya adalah setelah pensiun, dimana kita perlu tetap berkarya menyumbangkan pemikiran.

"Setelah pensiun, justru saya bisa jalan-jalan ke puluhan negara. Ini anugerah buat saya, saya sangat bersyukur. Jadi betul yang dipaparkan pak Bambang Suharno bahwa kita harus bekerja itu harus fokus, ihklas, banyak bersyukur, jangan mengeluh," tambahnya.

Selain Don, dalam acara ini juga tampil Pengurus GOPAN Setya Winarno  dan Syamsul (seorang peternak itik di Malang). Keduanya berkisah tentang karir dan bisnis masing-masing dengan berbagai liku-likunya yang sangat selaras dengan isi buku. Setya Winarno mengisahkan dirinya yang fokus di peternakan ayam, sedangkan Samsyul bercerita tentang beternak itik dengan belajar dari seminar-seminar gratis yang diselenggarakan di Indolivestock Expo setiap tahun .

"Saya tekuni beternak itik, dan saya pernah coba beternak ayam ternyata sulit. Jadi saya terus menekuni itik," ujar Syamsul.

Seminar dipandu oleh Anang Sam dari Infovet, disertai dengan beberapa games interaktif dengan peserta dengan topik keterlibatan, konsentrasi, semangat dan fokus cita-cita. Anang juga membacakan testimoni para tokoh terkenal tehadap isi buku Menggali Berlian di Kebun Sendiri, antara lain dari motivator no 1 Indonesia Andrie Wongso, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan  Dr. Drh. I Ketut Diarmita, Prof. Abdul Basith dan sebagainya

"Filsuf Plato pernah mengatakan, hati-hati dengan pikiranmu, karena apa yang kamu pikir itu bisa terjadi. Kekuatan pikiran mampu sebagai obat sekaligus bisa sebagai racun. Jika dilandasi dengan serakah, iri, benci, pikiran menjadi racun yang keji. Sebaliknya jika dilandasi dengan cinta, ia adalah obat yang paling manjur.

Buku karya Bambang Suharno ini memberikan pencerahan bagi kita untuk mengelola kekuatan pikiran dan tindakan dengan sebaik-baiknya. Untuk itu saya ucapan selamat untuk Pak Bambang Suharno," kata Anang membacakan endorsement dari Motivator No1. Indonesia Andrie Wongso yang dimuat di cover buku.

Materi seminar bisa diunduh dengan klik www.bit.ly/SEMINARMBKS

Buku Menggali Berlian di Kebun Sendiri setebal 256 halaman dengan harga eceran Rp. 90.000 bisa dibeli di klik  www.jurnalpeternakan.com atau klik bukalapak

Buku ini terdiri dari 4 bagian yaitu Karakter, Motivasi, Tindakan dan Kepemimpinan. Masing-masing bagian berisi artikel inspiratif sesuai tema. 

Bagi anda yang akan mengundang Bambang Suharno 
hubungi Dwijo 0813 1069 6307 email: pembicaraseminarzone@gmail.com
atau mengisi formulir permintaan narasumber yang ada di website ini


SHARE THIS