POSTING TERPOPULER

Iklan

May 26, 2019

Faisal Basri Sampaikan Outlook Ekonomi Pasca Pemilu 2019

Foto atas : Faisal Basri, Foto bawah: Direktur utama Irawan Gunari (Batik merah) dan Direktur Ferdian Cristia (berkacamata)
Bandung, Pembicara-seminar.com. Pakar ekonomi Faisal Basri mengatakan, sektor jasa semakin menjadi motor pertumbuhan ekonomi Indonesia , yang konsisten tumbuh tinggi selama 2011-2018. Ia mengemukakan hal ini pada saat menjadi narasumber acara Grand Opening  Pan Arcadia Capital   cabang   Bandung, 16 Mei 2019.

Dalam acara tersebut Faisal Basri bertindak sebagai pembicara tunggal dengan menyampaikan materi berjudul Economic Outlook Pasca Pemilu Raya 2019. Materi presentasi ini meliputi lima bagian yaitu
  1. Potret Perekonomian Dunia
  2. Outlook Politik Pasca Pemilu Raya 2019
  3. Stabilitas Makroekonomi: Tak Ada Bulan Madu
  4. Akankah Pertumbuhan Mengakselerasi?
  5. Epilog: Pilihan Investasi
Faisal mengatakan, setidaknya ada 6 sektor jasa yang tumbuh konsisten selama 2011-2018 yaitu Informasi dan komunikasi, Jasa perusahaan, Transportasi dan pergudangan, Kesehatan dan kegiatan sosial, Keuangan dan asuransi, Pendidikan. Sedangkan  Industri manufaktur yang masih cukup menjanjikan adalah Industri makanan dan minuman, serta Industri kimia, farmasi, dan obat tradisional/herbal.

Sektor Jasa Makin Berkembang

Pada bagian lain, Faisal mengatakan bahwa sosok perekonomian Indonesia saat ini telah banyak berubah dan perubahannya kian nyata. Dalam satu dasawarsa lalu, Indonesia telah menjelma sebagai negara jasa. Peranan sektor jasa dalam PDB perlahan tapi pasti merangkak naik hingga mencapai 59 persen pada 2018. Adapun penduduk yang bekerja di sektor jasa (non-tradables) pun sudah lebih banyak daripada yang bekerja di sektor penghasil barang (tradables), masing-masing 55 persen dan 45 persen pada tahun 2018.

Data lainnya menunjukkan, nilai kapitalisasi pasar saham di Bursa Efek Indonesia pada akhir 2018 telah didominasi oleh perusahaan-perusahaan di sektor jasa, yaitu sebesar 57 persen.
Sebaliknya sektor penghasil barang yang meredup amat kentara dalam perolehan kredit dari perbankan konvensional kepada pihak ketiga yang hanya 27 persen pada akhir tahun 2018.  "Pada tahun 2018, sektor jasa menyumbang 62 persen penerimaan pajak, sedangkan sektor penghasil barang hanya 38 persen," tambahnya.

Faisal hadir dalam seminar ini atas dukungan dan kerjasama dengan Pembicara-seminar.com 

Bila Anda memerlukan pembicara seminar Faisal Basri atau pembicara lainnya, kontak saja 0813 1069 6307 (Dwijo),  atau email ke pembicaraseminarzone@gmail.com


SHARE THIS