Iklan

Saturday, October 13, 2018

Pelatihan Standar ISO Paling Murah Untuk Anda

Sudahkan bisnis anda memiliki sertifikat ISO? Bagaimana dampaknya bagi perusahaan?

ISO merupakan Organisasi Internasional untuk Standardisasi (International Organization for Standardization, bahasa Perancis: Organisation internationale de normalisation). Dikarenakan singkatan dari masing-masing bahasa berbeda (IOS dalam bahasa Inggris dan OIN dalam bahasa Perancis) maka para pendirinya menggunakan singkatan ISO, (diambil dari bahasa Yunani: isos) yang berarti sama (equal). Penggunaan ini dapat dilihat pada kata isometrik atau isonomi.

Didirikan pada 23 Februari 1947, ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia.

Dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG).
Berbagai standar telah ditetapkan ISO. Di dunia usaha yang paling terkenal adalah ISO 9001 tentang sistem manajemen mutu yang sangat membantu para pelaku bisnis dalam mengembangkan tata kelola perusahaan yang mudah dikontrol. Jika Anda dibuat pusing dengan sistem manajemen yang belum tertata, sebaiknya Anda belajar tentang ISO 9001 tahun 2015 (ISO yang terbaru).

Ada juga ISO 45001 yang merupakan sistem keselamatan dan kesehatan kerja yang juga sangat penting bagi perusahaan, khususnya di perusahaan manufaktur, pertambangan dan sejenisnya.

Pada umumnya perusahaan dapat merasakan banyak sekali manfaat terhadap penerapan ISO, antara lain :
  • Meningkatkan citra perusahaan
  • Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
  • Meningkatkan efisiensi kegiatan
  • Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act)
  • Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
  • Mengurangi risiko usaha
  • Meningkatkan daya saing
  • Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
  • Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal
Masalahnya, banyak perusahaan yang belum berani untuk belajar dan menerapkan standar ISO karena dianggap berbiaya mahal dan  mereka belum yakin apakah setelah mengeluarkan biaya banyak untuk menerapkan ISO, hasil yang diperoleh akan seimbang. Ada pengusaha yang karyawannya di bawah 20 orang merasa belum perlu ISO karena merasa semuanya bisa ditangani dengan manajemen sistem "warung" yang masih "one man show". Padahal jika sejak awal perusahaan bisa memulai menerapkan prinsip-prinsip ISO maka perusahaan tersebut akan lebih mudah untuk berkembang menjadi besar. Anda tidak dibuat pusing akibat semua keputusan harus di tangan Anda.


Kabar baiknya, saat ini Anda bisa mengikuti pelatihan ISO dengan biaya yang tidak perlu puluhan juta rupiah. Silakan ikuti pelatihan ISO 9001 dan ISO 45001 sekaligus hanya dengan biaya Rp. 400.000/0rang

Indonesian Entrepreneur Society (IES) dan pembicara-seminar.com merekomendasikan Anda untuk ikut acara ini karena trainernya dikenal baik dan telah berpengalaman membantu perusahaan melakukan sertifikasi standar ISO,

Informasi selengkapnya silakan lihat brosur yang ada di tulisan ini untuk melakukan pendaftaran. Segera mendaftar mumpung masih ada kesempatan.


SHARE THIS

0 komentar: