Friday, November 27, 2015

Tahun ini Tahun Seminar MEA

seminar di sma 77 Jakarta
Tahun 2015 ini boleh dikatakan sebagai Tahun Seminar MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Bambang Suharno selaku praktisi bisnis dan Direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) diundang ke berbagai kampus dan lembaga untuk menjadi seminar tentang MEA, antara lain di kampus Universitas Gunadharma, Mercubuana, Univ Bhayangkara, STIE Bhakti Pembangunan, Fakultas Teknik Industri UII Jogja, Univ Islam Tangerang, Politeknik Media (Polimedia) Jakarta dan sebagainya. Bahkan SMA Negeri 77 Jakarta juga menyelenggarakan seminar tentang MEA yang tak kalah hebatnya dengan seminar di kampus S1 maupun S2 sekalipun.

Seminar MEA di SMA 77 beberapa bulan lalu diawali dengan penampilan tari Saman dari anak-anak SMA yang sangat menarik dan meriah. Meski masih SMA, tanya jawab berlangsung seru dan kritis. Misalnya, apa yang perlu disiapkan anak SMA untuk bisa bersaing di era MEA.

700 orang peserta seminar MEA di Univ Islam Tangerang
Dalam setiap kesempatan seminar tentang MEA, Bambang Suharno menyampaikan , sejatinya Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing di era MEA. Industri pariwisata bisa menjadi nilai unggul jika dikelola dengan baik. "Melihat wisata thailand, Singapura, Malaysia maupun negara ASEAN Lainnya, Indonesia memiliki keindahan budaya dan alam yang luar biasa," kata Bambang.

Bambang memberi contoh, kalau masuk ke grand palace Thailand, yang dilihat hanya keraton biasa. Tapi Thailand sangat pandai memasarkan wisatanya, sehingga hari kerjapun turis harus antri untuk masuk keraton. "Di negeri kita, kita punya keraton Jogja, Solo, Cirebon dan sebagainya yang tak kalah hebatnya," katanya.

Begitupun dalam industri kuliner, betapa kreatifnya kuliner Indonesia. Kita berjalan dari Jakarta sampai ujung Jatim saja, sudah menemukan beragam kuliner yang luar biasa. Belum lagi di Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTT, Papua, Maluku dan sebagainya.

"Jadi kalau kita mau kreatif, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadi pemenang di era Mea," kata Bambang.

Ada satu hal lagi yang penting. Untuk bersaing di era Mea, perlu memiliki kemampuan Bahasa Internasional, dalam hal ini minimal Bahasa Inggris, agar bisa berkomunikasi dengan negara lain. "Bahasa Inggris adalah bahasa pergaulan internasional, jadi kita wajib menguasai. Minimal kita bisa berkomunikasi Bahasa Inggris," pesannya.

No comments:

Post a Comment