Wednesday, August 31, 2016

GAMPANG BELAJAR OMONG INGGRIS BARENG ANANG SAM


Image result for anang samAnang Sam, SE, CHt Berasal dari sebuah desa kecil yang bernama Badegan terletak di sisi barat kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Sekarang tinggal di Depok. Membuka usaha pelatihan Cara Belajar Bahasa Inggris di Jakarta, guna memberikan solusi agar setiap orang dapat menguasai bahasa Inggris melalui proses  alami sehingga mudah seperti halnya menguasai bahasa Indonesia.

Mulai belajar bahasa Inggris sejak SMP dan berhasil mendapatkan nilai EBTANAS 9,08. Menjadi finalis Inter Faculty English Debate Competition di Universitas Muhammadiyah Jakarta mewakili Fakultas Ekonomi. Sebagai pembicara hadapan para expatriat  pada acara Rotary Club Luncheon di Hotel Madarin Oriental.
Berpengalaman sebagai pengajar bahasa Inggris di berbagai lembaga antara lain PG TK Tadika Puri Bintaro, Easy Voice Cengkareng, Gracia Duta Mas dan lain-lain.  Sebagai pembicara  dalam Pelatihan English Revolution, bedah buku Bisnis Sambilan Langkah Awal Menjadi Entrepreneur Sukses bersama Safir Senduk di Manggala Siliwangi Bandung, Pembicara Seminar Langkah Jitu Memulai Bisnis Dari Nol bersama  Bambang Suharno di Jakarta, Bandung dan Makassar. Juga sebagai pembicara dalam  in house training di PT Indocement Tunggal Prakarsa, PT Holcim, PT. Hyundai Motors, PT. Mulia Industries, PT Garuda Maintenance Facilities, Rumah Sakit Islam Sukapura, Universitas Pajajaran Bandung. Sebagai moderator diskusi wirausaha di SekolahTinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan Perbangkan Indonesia, Bedah buku Bisnis Sambilan, Langkah Awal Menjadi Entrepreneur Sukses di Gramedia Matraman  dan lain-lain.
Selain sebagai pembicara seminar, juga pernah aktif sebagai narasumber bincang bisnis dan bahasa Inggris di beberapa radio antara lain Radio Pelita Kasih, Radio Bahana, Radio Pass FM, RRI Pro satu, Radio Elgangga, Radio Star FM Jakarta serta Radio Mustika Bandung.
Menyadari ada kejanggalan dalam proses belajar bahasa Inggris yang terjadi di lembaga formal. Anang Sam melakukan pengamatan dan percobaan tentang proses belajar bahasa Inggris. Dari upaya tersebut ditemukanlah proses alami menguasai bahasa Inggris yang menyadarkan anda bahwa proses menguasai bahasa Inggris dan bahasa apapun didunia bisa semudah menguasai bahasa Indonesia.
Sekarang aktif sebagai trainer dan konsultan “Cara Belajar Bahasa Inggris” di eMJeWe Training & Consulting divisi bahasa.
Pemegang hak cipta “Metode Menguasai Tenses Dalam 10 Menit” nomor C00201401514
Berpengalaman menulis buku “Siapa Bilang Bodo Nggak Bisa Jadi Pengusaha” diterbitkan oleh Penebar Plus, Langkah Cerdas Meraup Untung di Bisnis Properti diterbitkan oleh United Books dan lain-lain

NAH...........................


Mengapa Bahasa Inggris Sulit?
Sebagian besar lulusan SMA tidak menguasai bahasa Inggris, Padahal sudah mempelajari bahasa asing ini selama enam tahun. Ini bukan jangka waktu yang pendek.
Ini bukan kesalahan anda, melainkan kelemahan pada proses belajar yang menurut pengamatan saya sebagai berikut:
  1. Anda diarahkan untuk menguasai aturan main tata bahasa.
  2. Anda diminta menghafal daftar kosa kata yang panjang
  3. Anda menyusun kalimat sendiri berdasarkan aturan main dan kosa kata yang dikuasai.
  4. Dengan pola 1,2 dan 3 anda diharapkan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, ini merupakan hasil akhir dari ketiga proses tersebut
TATA BAHASA
DAFTAR KOSA KATA
MEMBUAT KALIMAT
KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS


Apa yang salah dengan proses diatas?
Sepertinya sangat ideal…..
Namun fakta dilapangan menunjukkan bahwa cara ini tidak berhasil membuat anda mampu berbahasa Inggris. Karena ketika menyusun kalimat muncul keraguan, “Kalimatnya sudah bener nggak ya?”,  “Nanti kalau salah bagaimana?” lalu anda kembali ke nomer satu, meninjau kembali aspek tata bahasanya. Jadi anda tidak pernah sampai ke nomer empat
Sementara proses penguasaan tata bahasa itu sendiri sangat menyita waktu dan energi anda, belum lagi tugas menghafal daftar kosa kata yang panjang dan ini merupakan bagian yang paling dibenci, meskipun ada metode menghafal sistem mnemonic, jembatan keledai, otak kanan dan sebangsanya yang sebenarnya tidak banyak menolong. Sekalipun sudah berhasil menghafal ribuan kosa kata, namun ketika akan membuat kalimat untuk bicara, kembali lagi ke masalah diatas  muncul keraguan, kalimatnya sudah betul belum?
Keraguan itu diperparah lagi oleh budaya kritis yang berkembang dilingkungan akademis. Contoh, ketika lembar jawaban ujian dikoreksi, yang dicari adalah kesalahan. Sehingga rasa takut salah dan tidak percaya diri tumbuh subur.
Pesan “harus betul” tersebut tidak terucap secara langsung, namun berupa subliminal message atau pesan bawah sadar. Justru pesan seperti ini memiliki pengaruh yang sangat kuat karena langsung diterima oleh pikiran bawah sadar atau subconscious mind dan tidak akan bisa ditepis hanya dengan nasehat jangan takut salah, harus berani dan sebagainya.
Masalah lain yang akan muncul dikemudian hari adalah lupa. Ketika sudah lama tidak sekolah atau sudah lama tidak kursus maka kemampuan anda akan berangsur-angsur menurun.  Ayo ngaku…!!!?
Udah proses belajarnya panjang, berat & mahal, lupa lagi…..!!!
Solusi untuk masalah diatas adalah kembali belajar bahasa secara alami. Ini suatu proses yang tidak anda disadari. Padahal anda semua sudah pernah  mengalami proses belajar dengan cara ini.
Buktinya anda bisa bicara dalam bahasa Indonesia, bahkan sebagian dari anda juga menguasai bahasa daerah. Kapan anda belajar dan bagaimana prosesnya?
Saya sebut sebagai cara alami karena memang seperti itulah secara alamiah manusia belajar bahasa. Semua orang normal mengalami proses ini, hanya tidak menyadari. Ini yang membuat gempar dunia bahasa dan menjadi perbincangan hangat di kalangan praktisi dan pemerhati bahasa.

Sebenarnya kunci pokok dari proses belajar secara alami sangat sederhana yaitu:


DENGAR DAN TIRU


Sesedernaha itukah?
Iya…sangat sederhana. Itu istilah gampangnya. Istilah akademisnya adalah input & output. Input bisa melalui mendengar dan membaca sedangkan output melalui bicara dan menulis.
Lalu apa yang harus didengar dan ditiru?
Anda mendengar dan meniru kalimat bahasa Inggris langsung dari orang Inggris.

Sekali lagi yang harus anda dengar dan tiru itu adalah kalimat yang dituturkan oleh orang Inggris.
Kalimat, bukan kata per kata
Didalam kalimat itu sudah mengandung tata bahasa, jadi anda tidak perlu mikir lagi. Karena yang bicara orang Inggris asli, jadi pasti betul. Karena pasti betul, anda pasti percaya diri menirukannya.
Materi seperti apa yang harus didengar dan dibaca, lalu bagaimana cara menirunya agar proses belajar menjadi sangat efektif, cepat,  mudah  dan sangat fleksibel, bahkan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sehingga alasan anda terlalu sibuk untuk belajar bahasa Inggris sudah tidak berlaku lagi?
Satu lagi, dengan cara alami ini kemampuan bahasa Inggris anda tidak akan pernah menurun apalagi sampai lupa bahkan kemampuan anda berangsur-angsur meningkat dari waktu. Seperti halnya kemampuan bahasa Indonesia anda selama ini.
Ikuti trainingnya  dan miliki buku serta DVDnya




No comments:

Post a Comment