Friday, October 7, 2016

MANASIK HATI SENTUHAN SPIRITUAL QUANTUM




MANASIK HATI, Apakah Itu ????
Prinsip dasar Haji/Umroh adalah:  Berangkat semata karena PANGGILAN   ALLAH,  Diniati utk memenuhi PANGGILAN ALLAH

Oleh sebab itu, MANASIK HATI diselenggarakan sebagai dorongan 
a-   Tidak berkecil hati jika  secara keuangan merasa belum siap/mampu. Karena hakikat dasar panggilan Allah tersebut, maka jika telah terpanggil, kehendak Allah lah yang melancarkan segala sesuatunya.
b-  Tidak menunda waktu sampai merasa siap untuk perjalanan suci, karena penundaan mengartikan hati kita sendiri yang menghindarkan panggilan tersebut
c-  Layak, siap, dan mampu melaksanakan Haji/Umroh. oleh sebab itu, selayaknya diserahkan sepenuhnya kepada Allah swt 

Tugas kita adalah ber“doa aktif” dengan tulus, ikhlas dan dengan niat tersebut mematangkan hati menuju pengalaman penuh makna mulia. Hal inilah yang menjadi essensi MANASIK HATI :

      Menjadikan hati agar layak mendapat panggilan Allah,menjaga hati agar meluluhkan kendala-kendala yang secara sadar/tidak sadar melemahkan magnet menggapai ridho panggilan Allah.
Mendahulukan pembentukan kualitas diri yang penuh hikmah Haji/Umroh, jauh sebelum keberangkatan ber Haji/Umroh itu sendiri

 Manasik HATI
Mencerahkan diri Anda agar :
      Mengaktifkan niat,  menajamkan doa, menghidupkan tekad.
Menjalani keseharian hidup, sambil menantikan kesempatan Haji/Umroh di Tanah Suci,  dengan menghadirkan visualisasi “jiwa” Haji/Umroh pada sajadah di kediaman sendiri di Tanah air.
 
MANASIK HATI pada dasarnya menelusuri relung pencerahan bagaimana memperoleh ridho Allah agar beroleh panggilanNYA berHaji/Umroh bermodalkan hakikat isi HATI

a.  Manusia tempatnya khilaf & dhoif. Sekiranya mengandalkan amal dan ibadah, maka masih lebih berat timbangan dosanya. Semata karena Ampunan Allah sajalah, manusia dapat bersih dari dosa. Maka kita siap dan layak  berHaji/Umroh karena dipenuhi permohonan ampun padaNYA. Maka istighfarkan hidup kita !


b.  Ridho Allah tidak hanya berasal dari ibadah kepadaNYA. Petunjuk Rasul SAW menyatakan bahwa ridhoNYA berasal dari bagaimana kita bersikap & memperlakukan manusia lainnya. Maka muliakan sesama manusia dengan cinta karena Allah !

c.  Ritual Haji/Umroh sendiri adalah simbolisasi keluarga rasul Ibrahim AS. Masing-masing ritual bahkan mencerminkan totalitas (engagement) kepada Allah yang tidak disekutukan dengan apapun, hingga berserah dengan kemuliaan tawakkal total. Maka tampilkan hati total berserah itu diliputi rasa syukur !

d.  Cermin hati yang berserah total adalah doa yang dilandasi prasangka baik kepada Allah. Doa yang pengungkapannya diselaraskan dengan perilaku secara utuh tanpa syarat. Maka  pilih perilaku yang mendukung doa semakin tajam diijabah Allah!

Secara lahiriyah  yang mengidentikkan apa yang tersimpan dalam hati, secara bathiniyah  tampilan hati yang telah bermanasik dengan bersih adalah bahagia dari dalam, menebar senyum pada sesama, tidak rentan terhadap penyakit, optimis dan sangat sedikit mengeluh, dan selalu melihat ke masa depan daripada terikat oleh masa silam. Bahkan metabolisma tubuh yang menjadi bagian dari sistem sunnatullah pun mengikuti derap yang sehat.


Siapa yang seharusnya ber-MANASIK HATI ?!
HATI MENENTUKAN KUALITAS HIDUP (kesimpulan sabda Rasul SAW)
Maka siapapun berkepentingan dengan usaha menata HATI

MANASIK HATI adalah benar diorientasikan bagi mereka yang hatinya telah terketuk ingin berHaji/Umroh. Namun kita over pede – atau malah super minder -  jika menunjuk bahwa yang layak menjadi peserta MANASIK HATI adalah mereka yang telah terdaftar menjadi jamaah Haji/Umroh. 

Kebutuhan me-MANASIK-kan HATI (dengan berbagai cara, baik pengalaman maupun pembelajaran) tentunya berlaku bagi insan manapun yang menghendaki agar KUALITAS HIDUP nya baik. 

Maka direkomendasikan peserta MANASIK HATI adalah :

KELUARGA
Tidak selalu ada keseimbangan niat dalam keluarga. Pasangan nanti saja dulu, sementara Anda sudah berniat Haji/Umroh. Tinggalkan dahulu rencananya, prioritaskan seimbangkan hati sebagai pasangan.

YANG BERNIAT  & BERKEINGINAN
Anda punya keinginan sesuatu atau mendambakan sesuatu. Fasilitasi keinginan Anda dengan hati yang lebih benderang, karena Allah senantiasa mempunya rencana terbaik yang tak selalu gamblang. Bagaimana kita menuntun diri dalam ikhtiar jika hati penuh gundah?!

YANG MEMILIKI 5 SEBELUM 5
      Anda sedang leluasa, mengantisipasi kesempitan agar tidak terpuruk, atau sebaliknya. Ada anggota keluarga sakit mengharap pemulihan, atau agar tidak sebaliknya disaat sehat.  Bukankah hati yang tenteram obat segalanya ?!

Hati yang tenteram meleluasakan banyak usaha. Jiwa yang sehat bermuara dari hati yang tak berpenyakit. Kebahagiaan tentu lah pula berasal dari hati yang subur perilaku akhlaqul karimah. Pantas Haji/Umroh  diasosiasikan dengan detoksifikasi dari dosa maupun penyakit dunia

Manasik Hati, Self Engagement yang Meningkatkan taraf ESQ Anda.



No comments:

Post a Comment