Senin, Mei 06, 2019

Mengenal Pakar Manajemen Prof Rhenald Kasali

Jakarta, Pembicara-seminar.com. Pakar ekonomi dan Manajemen Rhenald Kasali dikenal sebagai penulis buku yang produktif dan pembicara seminar kelas satu di Indonesia untuk topik ekonomi dan manajemen. Gagasan dan pemikirannya mengenai manajemen perubahan sangat menginspirasi para CEO perusahaan di Indonesia maupun para pemimpin birokrasi.

Pria kelahiran  Jakarta,13 Agustus 1960 ini adalah putra dari pasangan Samuel Kasali dengan Sonya Andrea. Semasa kecil,  Rhenald Kasali pernah tidak naik kelas. Hal ini terjadi saat dia menginjak kelas 5 SD. Rhenald Kasali tidak dapat naik kelas karena mata pelajaran bahasa Indonesia. Tahun berikutnya, dia naik kelas dan lulus dari sekolah dasar. Setelah itu, dia melanjutkan ke SMP dan SMA.

Lulus dari SMA, dia mengalami kendala ekonomi untuk kuliah. Saat itu, dia hanya memiliki uang Rp10 ribu untuk mendaftar kuliah. Dia dihadapkan  dua pilihan untuk membeli formulir IPA atau formulir IPS dengan harga Rp10 ribu per formulir. Dengan berbagai pertimbangan, Rhenald Kasali memutuskan untuk memilih melanjutkan studi dijalur IPS. Akhirnya, Rhenald Kasali mengambil Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Untuk menutupi biaya kuliah dan hidupnya, ia bekerja sebagai guru les privat SD yang mengajarkan mata pelajaran matematika. Kuliah Rhenald akhirnya lulus juga pada tahun 1985. Dalam jenjang pendidikan selanjutnya, dia beruntung dapat meneruskan  ke University of Illionis, Urbana, Champaign, Amerika Serikat.

Rhenald memantapkan dirinya berkarier menjadi dosen. Padahal sebelumnnya, ia juga sempat bekerja sebagai staf pemasaran dan wartawan di Kompas Gramedia. Karier mengajarnya dimulai di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Selain itu, ia menjadi dosen terbang di Program Magister Manajemen Universitas Sam Ratulangi, Universitas Tanjung Pura, Universitas Udayana, Universitas Lampung, dan lainnya.

Pada 4 Juli 2009, Rhenald dinobatkan menjadi guru besar Ilmu Manajemen di Universitas Indonesia. Saat pengukuhannya sebagai guru besar, Rhenald membawakan orasi ilmiah berjudul "Keluar dari Krisis: Membangun Kekuatan Baru Melalui Core Belief dan Tata Nilai." 

Selain menjadi pengajar dan konsultan manajemen,  pada tahun 2007, Rhenald juga membangun Yayasan Rumah Perubahan. Yayasan ini berdiri dengan tujuan untuk menjadikan Indonesia lebih baik melalui misi perubahan. Ide awal membangun yayasan ini mucul akibat buku Change!, buku tulisannya sendiri, yang diterbitkan pada tahun 2005. 

Aktivitas lainnya, ia juga pernah terlibat sebagai anggota tim panitia seleksi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menjadi Kepala Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN), anggota Dewan Juri Penghargaan Export Pemerintah Indonesia (Primaniyarta), dan juga tim juri pemilihan Putri Indonesia. 

Tak heran bila dari pengabdiannya banyak prestasi diraihnya. Di antaranya, Rhenald Kasali mendapatkan Piagam Penghargan dari Rektor UI, Alice & Charlote Biester Award, Dosen Terbaik, Penghargaan Satya Lencana Karya Satya, dan lainnya. Teranyar ia juga diberi amanah di perusahaan pelat merah sebagai Komisaris Utama Angkasa Pura II.

Buku-buku Karya Rhenald Kasali selalu menduduki posisi best seller nasional dan menjadi referensi para praktisi manajemen, antara lain Self Driving, Change, Tomorrow Is Today , Disruption, Self Disruption, The Great Shifting dan lain-lain. (*)


KELUARGA


Istri            : Elisa Kasali   
Anak          :  1. Fin
                     2. Adam

PENDIDIKAN

S1, Universitas Indonesia 1985S2, University of Illionis at Urbana, Champaign, Amerika SerikatS3, University of Illionis at Urbana, Champaign, Amerika Serikat

KARIER

Staf di Kompas GramediaDosen dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas IndonesiaPendiri  Rumah Perubahan, 2007Tim Panitia Seleksi KPKKomisaris Utama Angkasa Pura II, 2015

PENGHARGAAN 

Alice & Charlote Biester Award, 1995Dosen Terbaik, FEUI, 2003Penghargaan Satya Lencana Karya Satya, Presiden Republik Indonesia , 2004Penghargaan “KREATIVITAS” di bidang Pendidikan dari Yayasan Pengembangan Kreativitas, Yayasan Pengembangan Kreativitas, 2005Penghargaan dari Rektor Universitas Indonesia sebagai Penulis Buku , UI , Piagam Penghargan Rektor UI, 2005



sumber : https://www.viva.co.id/siapa/read/271-rhenald-kasali-

Untuk mengundang Prof Rhenald Kasali  sebagai pembicara seminar atau narasumber in house training, hubungi pak Dwijo 0813 1069 6307, email pembicaraseminarzone@gmail.com


SHARE THIS

0 komentar:

POSTING TERPOPULER

Iklan