Thursday, April 4, 2013

TRAINING MARKETING UKM PEMDA DKI


Atas undangan Action Management, sebuah event organizer di Jakarta, Bambang Suharno memberikan training mengenai strategi marketing UKM kepada UKM di kecamatan Cakung Jakarta Timur. Peserta training terdiri dari pelaku UKM di wilayah Cakung antara lain produsen krupuk, peralatan dapur, usaha kuliner, sembako, kontrakan rumah dan sebagainya. Acara berlangsung Jumat 29 Maret 2013 di kantor Kelurahan PuloGebang, Cakung, Jakarta Timur.

Bambang Suharno menyampaikan strategi praktis matketing UKM yang sudah terbukti berhasil dijalankan oleh anggota Indonesian Entrepreneur Society (IES). Strategi tersebut antara lain, promosi untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Berikutnya bagaimana agar pelanggan lebih sering membeli. Kalau sudah sering membeli, usahakan agar mereka lebih banyak membeli produk kita, dan selanjutnya bagaimana meningkatkan margin melalui efisiensi produksi ataupun perubahan suplyer atau cara lainnya.

Masing-masing strategi dibahas taktik praktisnya sesuai kebutuhan peserta. Misalnya membuat program beli 10 gratis 1. membuat program garansi untuk pembeli, misalnya pengiriman terlambat pelanggan tidak perlu bayar dan sebagainya.

Selain strategi marketing, Bambang juga menyampaikan kiat bagaimana memupuk mental entrepreneur. Antara lain, hindari sikap konsumtif, memisahkan uang bisnis dengan uang keluarga, uang hasil usaha diputar lagi dan sebagainya.

telp:021.70228877, email : pembicaraseminarzone@gmail.com


No comments:

Post a Comment