Monday, July 8, 2013

TRAINING TEKNIK PRESENTASI PLN

Bambang Suharno (no 4 dari kanan) beserta sebagian peserta training
Kamis 27 Juni 2013, Bambang Suharno diundang sebagai trainer dengan topik rahasia sukses teknik presentasi. Materi ini ditujukan untuk tim PLN Jakarta yang akan menjadi delegasi PLN Disjaya untuk mengikuti kompetisi inovasi tingkat nasional yang berlangsung Juli 2013 di Batam.

Tim kompetisi akan mempresentasikan beberapa inovasi teknologi dan inovasi SDM di depan dewan Juri kompetisi inovasi PLN. Melalui training ini diharapkan peserta dapat mengikuti kompetisi dengan persiapan matang baik dari segi materi, teknis presentasi maupun mental.

Dalam kesempatan ini, Bambang Suharno menyampaikan pentingnya relaksasi sebelum melakukan presentasi. Peserta diajak untuk bersama-sama melakukan relaksasi dengan mendengarkan musik klasik dan diminta merelaksasikan fisik dan mental.Selanjutnya peserta menyajikan presentasinya per kelompok untuk dibahas kelebihan dan kekurangannya.

Selain masalah relaksasi, peserta diajak menyiapkan materi sebaik-baiknya. Sukses presentasi dipangaruhi oleh persiapan materi, persiapan mental dan teknik yang dipakai dalam presentasi. Sedangkan sukses teknik presentasi meliputi pembukaan, materi utama dan penutup, dimana ketiganya sama-sama penting untuk mempengaruhi nilai dewan juri. Peserta perlu juga memahami betul aspek-aspek yang dinilai dalam kompetisi tersebut. ***


No comments:

Post a Comment