Saturday, September 28, 2013

BIMBINGAN TEKNIS WIRAUSAHA KORPRI KALIMANTAN TENGAH


Bimtek Wirausaha Korpri Kalteng
Bambang Suharno dan Amir Hamzah, keduanya dari Indonesian Entrepreneur Society (IES), pada tanggal 25 September lalu diundang untuk menjadi trainer dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Wirausaha untuk Persiapan Pensiun yang diselenggarakan oleh Korpri Kalteng.

Acara yang berlangsung di Hotel Aquarius Palangkaraya ini diikuti oleh para calon pensiuan PNS anggota Korpri dari berbagai kabupaten Kota se Kalteng dengan jumlah peserta 54 orang.

Acara Korpri Kalteng tersebut berlangsung 2 hari yaitu tanggal 24 dan 25 september 2013. Pada tanggal 24 september acara diisi oleh pembekalan internal  yang antara lain mengenai jaminan kesehatan dan sebagainya.

Bambang, dalam acara ini, menyampaikan mengenai trilogi mental entrepreneur dan Cara Tidak gila Menjadi Pengusaha. Sedangkan Amir Hamzah menyampaikan pengalaman mempersiapkan pensiun dengan wirausaha, serta bedah kasus agribisnis pepaya yang merupakan usaha yang telah dirintis dan berkembang pesat hingga sekarang.
suasana diskusi kelompok
Pada sesi siang, Bambang Suharno  menyampaikan materi "cara menyusun rencana bisnis", kemudian disusul dengan diskusi kelompok dan presentasi tentang rencana bisnis dari masing-masing kelompok. Dalam sesi ini peserta dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing kelompok mendiskusikan rencana bisnis yang layak dan kemudian dipresentasikan untuk dilakukan penilaian oleh dewan juri.

Kelompok 1 menyampikan rencana bisnis pensiun berupa usaha ayam kampung dengan produk berupa telur, ayam afkir dan pupuk kandang. Kelompok 2 menyampaikan presentasi rencana bisnis jamur tiram putih. Dan kelompok 3 menyampaikan presentasi rencana bisnis tentang usaha bengkel dan usaha sparepart kendaraan .
Foto bersama setelah bimtek

Bambang menyatakan dengan adanya diskusi dan presentasi ini, peserta langsung bisa berbagi pengalaman bagaimana menyusun rencana bisnis.

Di akhir acara dilakukan pemberian hadiah dari IES untuk juara 1-3 berupa buku karya Bambang Suharno dan Amir Hamzah. Peserta diwakili oleh Ibu Leslinda selaku ketua kelas menyampaikan kesan-kesan atas jalannya bimtek wirausaha ini. Leslinda menyampaikan bahwa materi bimtek sangat bermanfaat untuk persiapan pensiun. Ia mengaku selama ini sudah mulai menjalankan usaha klinik namun dijalankan apa adanya tanpa ilmu kewirausahaan, Dengan adanya Bimtek ini pikirannya makin terbuka dan memahami bagaimana kiat mengembangkan usaha. ***




No comments:

Post a Comment