Friday, January 31, 2014

TRAINING MOTIVASI


Akhir-akhir ini banyak perusahaan swasta dan lembaga pemerintah mengadakan training motivasi untuk para karyawannya. Bukan hanya itu, kampus juga sering mengadakan seminar motivasi dengan pembicara dari berbagai lembaga.

Training dan seminar motivasi menjadi penting di perusahaan karena training teknis tidak mampu menciptakan perubahan. Penelitian menyebutkan keberhasilan seseorang 85% ditentukan oleh softskill , sisanya 15% ditentukan oleh keahlian teknis.

Seorang sarjana yang lulus dengan Indeks Prestasi tertinggi, belum tentu lebih sukses dibanding rekannya yang lulus dengan nilai biasa saja. Ini bisa terjadi karena yang sarjana yang lulus dengan nilai biasa memiliki karakter yang baik, bisa berkomunikasi dengan baik, memimpin dan memberi teladan serta mau terus belajar. Sebaliknya yang lulus dengan nilai terbaik, mungkin saja sudah berasa menjadi orang hebat, kurang mampu menghargai orang lain, kurang komunikatif, kurang mampu bekerja dalam sebuah tim, mau menang sendiri.

Atas banyaknya kasus seperti inilah maka training softskill untuk para mahasiswa serta karyawan menjadi sangat penting, salah satunya adalah training motivasi.

Pengalaman kami di dunia wirausaha, banyak training wirausaha yang hanya mengajarkan masalah teknis, misalnya perbengkelan, pertanian, kuliner dan sebagainya, ternyata alumni training banyak yang tidak berani memulai wirausaha karena mengetahui begitu banyak resiko usaha. Itu sebabnya dalam training wirausaha pun, yang utama adalah training motivasi wirausaha. Masalah teknis berwirausaha bisa belajar sambil jalan.

Oleh karena itu kami para trainer kami pada hakekatnya adalah trainer motivasi, baik itu Bambang Suharno, Dr Purindro, Wan M Hasim, Sudjono AF, Adriano Rusfi, dan sebagainya.  Merekalah yang memberi pencerahan dan memotivasi dari berbagai sudut padang. Adriano memberikan motivasi dari sudut psikologi, Wan Hasim memberikan motivasi tentang bagaimana menggunakan otak kanan dalam berbisnis, Purindro dikenal sebagai dokter hati, Sudjono AF sebagai spiritual entrepreneur, Bambang Suharno dengan Trilogi Mental Wirausaha.

No comments:

Post a Comment