Friday, October 17, 2014

Office Boy Entrepreneur, Pensiun Dini Full Wirausaha dan Pembicara Seminar

Waryono, kini full wirausaha
Salah satu pembicara seminar atau trainer yang populer di Indonesian Entrepreneur Society (IES) adalah Waryono. Sosok ini sangat unik karena sukses berwirausaha dalam posisinya sebagai office boy. Ia dijuluki sebagai Office boy entrepreneur.

Sebagai narasumber di seminar dan training, ia selalu menarik perhatian karena gaya bicaranya yang lugu, tidak pakai power point dan hanya menunggu pertanyaan peserta. "Saya nggak bisa bicara banyak, materi saya akan muncul jika bapak/ibu bertanya," ujarnya polos.

Ia biasa memulainya dengan menceritakan dirinya sebagai office boy, dan di tengah kesibukannya mencoba membuka toko sembako yang dikelola istrinya. Selanjutnya uang hasil usaha ia simpan dan ia investasikan untuk membeli traktor sawah di Lampung (kampung istrinya). Hasil traktor sawah disimpan dan diinvestasikan untuk membuka warung pecel lele. Hasil pecel lele digunakan untuk membuka usaha tanaman hias. Begitu seterusnya hingga mempunyai usaha WC umum dan  warung padang. Sebagian usahanya ada yang bangkrut, tapi itu tidak jadi soal, toh putaran uangnya terus berkembang di antara berbagai kesulitan.

Dari kisah ini, lantas peserta banyak yang bertanya, bagaimana cara mengatur waktu, bagaimana cara memilih karyawan, bagaimana supaya karyawan bisa dipercaya, cara menggaji karyawan dan sederet pertanyaan yang mencerminkan rasa penasaran peserta. Dari pertanyaan itulah, Waryono kemudian menjelaskan prinsip usahanya yang sederhana. Ia mengaku banyak belajar dari IES, mendapat bimbingan langsung dari para mentor, sehingga usahanya berkembang dan mentalnya makin kuat.

Ada pertanyaan lagi: kenapa mas Waryono tetap jadi office boy, padahal usahanya sudah maju? Ini pertanyaan menggelitik. Dengan nada berkelakar ia menjawab: ya, office boy itu hobby saya hehehe.

Kemudian ia menjalaskan serius, bahwa office boy itu awal ia berkarir, dimana di offfice boy-lah ia bisa berkenalan dengan tamu-tamu bos nya yang penting. Nah, rupanya posisi office boy sanga strategis.

Sejak bulan Agustus 2014, di usianya 35 tahun, Waryono memutuskan pensiun dini dan full time sebagai pelaku bisnis. Ia berniat mengembangkan warung padang dan usaha lainnya. Dan tentunya siap menjadi pembicara seminar kapanpun. kalau dulu hanya bisa di hari sabtu minggu, sekarang hari apapun siap diundang untuk berbagi pengalaman wirausaha.

Selamat untuk Waryono, Officeboy, wirausaha, pembicara seminar.

No comments:

Post a Comment