Friday, November 23, 2012

PEMBICARA SEMINAR DI KAMPUS

Sabtu 17 Nopember 2012 lalu saya menjadi pembicara seminar wirausaha di kampus Fakultas Peternakan Universitas Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah. Seminar ini diikuti oleh lebih dari 100 mahasiswa dari berbagai fakultas di kampus tersebut. Selain saya, tampil juga pembicara Ono Suryono-seorang pakar kewirausahaan dari IPB Bogor, dan seorang pengusaha fotografi (lupa namanya hehe).

Seminar ini temanya adalah Technopreneur, entrepreneurship berbasis teknologi. Tema ini disampaikan dengan baik oleh Ono Suryono. Saya sendiri menyampaikan materi berjudul "Tujuh Cara Tidak Gila Jadi Pengusaha", yang merupakan materi yang sudah saya sampaikan di lebih dari 30 seminar di Jakarta dan berbagai kota lainnya. Judul materi saya adalah juga judul buku saya yang terbit tahun 2009 lalu.

Seminar ini dibuka oleh Dr. Akhmad Shodik, Dekan Fakultas Peternakan Unsoed yang merupakan dekan termuda di kampus tersebut. Dekan sangat antusias dengan seminar ini sehingga mengikuti jalannya seminar sampai saatnya makan siang.

Ngomong-ngomong tentang pembicara seminar di kampus, tanpa terasa sejak saya menulis buku kewirausahaan dan mengelola Indonesian Entrepreneur Society (IES) tahun 2005 lalu, saya hitung-hitung sudah lebih dari 50 kali saya tampil sebagai pembicara seminar di berbagai kampus, antara lain di UI, Universitas Atmajaya, Universitas Tri Sakti , STIE Tunas Nusantara, Univ Padjadajaran Bandung, Unsoed, IPB, Univ Satyanegara, Univ Gunadarma, dan sebagainya.

Seperti biasa sebagai pembicara seminar kewirausahaan, saya memulainya dengan trilogi mental entrepreneur yang merupakan "penemuan" saya mengenai mental entrepreneur. Trilogi ini meliputi mental produktif, mental pemberdaya dan mental tangan di atas.

Mengenai isi materi Tujuh Cara Tidak Gila Jadi Pengusaha?  Kalau ini dibahas terlalu panjang. Lain waktu saja ya. salam

1 comment: