Sunday, October 6, 2013

TRAINING FACEBOOK MARKETING UNTUK "KOMUNITAS IBU-IBU DOYAN BISNIS"

JAKARTA, PEMBICARA-SEMINAR. Bertempat di ruang Learning Lounge, Plaza Semanggi Jakarta, Aditya Maulana bersama Bambang Suharno mengisi training Facebook Marketing untuk anggota Komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB) Jakarta.

suasana training FB Marketing yang serius-santai
Komunitas IIDB merupakan komunitas yang beranggotakan para ibu yang mengisi waktunya dengan berbisnis, dengan berbagai ragam kegiatan. Untuk meningkatkan kemampuan dalam berbisnis, anggota IIDB mengundang Aditya Maulana dan Bambang Suharno untuk memberikan pengetahuan dan pengalamannya mengenai facebook marketing.

Training yang berlangsung Minggu 29 September 2013 ini dimulai jam 11 hingga sore hari, dengan materi dasar mengenai pembuatan fanpage facebook untuk tujuan bisnis. Peserta langsung melakukan praktek membuat fanpage bisnis dan menggunakan sejumlah aplikasi untuk fanpage diantaranya pagemodo. Sebelum fanpage dibuat, peserta diberi materi tentang google keyword planner untuk menentukan kata kunci (keyword) utama yang selanjutnya digunakan untuk menentuka nama fanpage.

Sementara itu Bambang Suharno memberikan materi utama mengenai dasar-dasar wirausaha serta pengalaman menggunakan facebook untuk melakukan promosi bisnis. Promosi yang dimaksud adalah promosi gratis dan promosi berbayar melalui facebook.

bambang suharno (berdiri) dan Aditya bersama pengurus IIDB
Dalam hal promosi gratis, Bambang memberikan contoh penggunaan "kotak ajaib" untuk mempertemukan pebisnis dengan calon pelanggan potensial. Kotak ajaib dimaksud adalah kotak search yang dengan teknik tertentu bisa mengetahui siapa dan dimana calon pelanggan kita.

Sedangkan promosi berbayar adalah promosi dengan memasang iklan di facebook. Berdasarkan pengalaman, memasang iklan di facebook cukup efektif jika sudah tahu caranya. Hal ini karena dalam memasang iklan di facebook kita dapat menetapkan target wilayah calon pelanggan, usia calon pelanggan, pendidikan, hobby dan sebagainya.

Peserta sangat antusias mengikuti training tersebut. Mereka sebagian adalah juga para penulis buku yang cukup aktif. Di akhir sesi diskusi, Bambang Suharno mendapat kenang-kenangan berupa buku karya pengurus  IIDB yaitu, buku berjudul "Bisnis Rumahan untuk Para Ibu" dan "Bisnis Untung dan Berkah Untuk Anak Sekolah" karya karya Ari Kurnia Yuristanti.***



No comments:

Post a Comment